CLASSICAL LOGIC IN ISLAMIC PHILOSOPHY
Creating dichotomy or catalyst?
By Safia Aoude
I.
PENDAHULUAN
Kegiatan
berfikir muncul berbarengan dengan adanya manusia pertama. Manusia diberi
potensi berfikir untuk memikirkan dirinya dan segala sesuatu yang berada di
luar dirinya. Namun, mengenai berfikir sistematis (dalam pengertian secara Mantiq),
para penulis ilmu Mantiq mengatakan bahwa secara konsepsional dan
sistematis kegiatan berfikir yang kemudian melahirkan tata cara berfikir yang dituangkan dalam
suatu disiplin ilmu itu disebut Mantiq.
Dalam Islam, secara umum dapat dilihat dua
perspektif berseberangan. Pertama
adalah dengan menggunakan metodologi logika Aristoteles klasik untuk menguraikan konsep Islam metafisik,
sementara yang
lain mengklaim logika
Aristoteles telah merusak dasar-dasar
akidah Islam dengan keterbatasan semantik. Walaupun demikian, tak dapat disangkal
bahwa logika klasik Yunani memang memainkan peran penting dalam pengembangan
ide-ide filosofis antara filosof Muslim, namun tampaknya
ada perbedaan dalam pendekatan
dikotomis dan tidaknya.
Tulisan untuk melihat ke dalam pandangan beberapa pemikir terkenal dalam filsafat Islam, penggalian pendapat spesifik mereka
terhadap logika klasik Aristoteles.
Apa pandangan menganai logika Aristotelian dalam
pengembangan ide-ide mereka sendiri?. Untuk itu, berikut ulasannya!
II.
PEMBAHASAN DAN ANALISIS
A. Pembahasan
Mantiq ('ilm al-Kalam) dalam
bahasa Arab berarti "pengetahuan
tentang berbicara". Tradisi Kalam
dalam Islam didasarkan
pada mencari dasar pikiran teologis melalui perdebatan
dan argumentasi di bawah diskusi "rasional". Singkatnya,
Ilm al-Kalam
adalah Islam dipahami bukan hanya dalam kerangka al-Qur'an, atau Sunnah,
atau pendapat dari
tiga generasi pertama Muslim (abad ke-7), tetapi juga melalui penalaran dari para
ulama. 'ilm al-Kalam adalah cikal
bakal kemudian bergaya metodologi argumentatif, yang disebut Mantiq -
alat penalaran Islam.
Perkembangan Mantiq
dalam Islam klasik awalnya dimulai dengan
etika Islam dalam berbeda pendapat (al-ikhtilâf)
antara ulama syariah
Islam. Pada masa khalifah
Abbasiyah, cendekiawan Muslim mengadakan
perdebatan rutin antara
satu sama lain dan atau dengan
non-Muslim untuk mempertajam
kecerdasan mereka melalui keterampilan retorika, dan
untuk memperjelas masalah iman dan
hukum.
Namun, pada abad ke-8 Mantiq dianggap menjadi
bagian dari ilmu-ilmu asing, terutama digunakan untuk memahami bahasa. Karena bahasa Arab berbeda dalam sintaks dan
tata bahasa dari bahasa Yunani, banyak sarjana Arab
Muslim tradisional menolak untuk menerima Mantiq
sebagai sesuatu yang bernilai untuk pengembangan filsafat Islam.
Pengenalan Logika dalam Filsafat Islam
(al-Kindi)
Filsuf Muslim Ya'qub bin Ishaq al-Kindi (830 M) digambarkan
sebagai akademis Muslim pertama yang menerjemahkan sebagian besar dari Organon
ke dalam bahasa Arab, menambahkan
komentar kepada teks
asli. Dia menganalisis bagian
dari Organon menjadi konteks Islam, mencoba
untuk menggunakan metodologi klasik
dan filsafat (berdasarkan ide-ide
Aristoteles dan Plato)
dalam menjawab pertanyaan persoalan agama. Ide-ide dan karya al-Kindi telah
menyiapkan benih filosofis
bagi banyak wacana intelektual nanti, antara filosof
dan cendekiawan Muslim.
Membela Aristoteles (Al-Farabi)
Pada abad ke-9 sarjana Muslim Abbasiyah, Abu Nasr
al-Farabi (872-950
M) menerjemahan sendiri Organon (dan karya Aristoteles lainnya), menambahkan komentar
sendiri dan menulis
risalah sendiri, terutama
tentang masalah silogisme. Ia juga menerjemahkan dan
mengomentari gangguan analogis logika Stoic.
Bahkan, al-Farabi
diketahui telah mengembangkan definisi independen silogisme
berdasarkan pengalaman manusia. Dengan
cara itu al-Farabi memperkuat esensi qiyas
(analogi) dalam syariah
Islam.
Al-Farabi menolak gagasan
Islam klasik bahwa Mantiq hanya berguna untuk analisis tata bahasa asing,
ia menegaskan bahwa aturan logika
berlaku universal untuk semua bahasa manusia,
dan bukan hanya untuk
tata bahasa - bahkan
"bahasa batin", yaitu metafisika. Pemikiran al-Farabi dan
pengaruhnya terhadap perkembangan logika dalam filsafat Islam
begitu tepat, ia
dijuluki "Guru Kedua", mengacu pada kebiasaan Arab menyebut Aristoteles
"Guru Pertama".
Menerima Logika sebagai Bagian Konseptualisasi Islam
(Ibn Sina)
Filosof Al-Husain bin Abdullah Ibnu Sina (980-1037 M)
juga menerjemahkan dan mengomentari Aristoteles. Ibnu Sina menjelaskan tujuan
logika sebagai salah satu yang memungkinkan seseorang untuk memperoleh pengetahuan yang tidak diketahui sebelumnya. Kontribusi
terbesar Ibn Sina dalam
sejarah logika mungkin adalah presentasinya dalam mengembangkan sistem baru logika, yang benar-benar
mengganti penggunaan logika Aristotelan
dalam filsafat abad pertengahan. Seperti
al-Farabi, ia membela kebutuhan untuk logika dengan menyatakan bahwa kapasitas
bawaan penalaran tidak cukup untuk menjamin tercapainya tujuan, dan dengan
demikian dibutuhkan bantuan dari sebuah seni, yang itu disebut logika.
Kausalitas
(sebab-akibat) Logis Api dan Kapas (al-Ghazali)
Filosof dan ulama Muslim, Muhammad Ibnu Ghazali (1058-1111 M) memiliki karya
yang terkenal dalam logika Islam, yaitu Tahafut al-Falasifah. Tahafut al-Falasifah adalah ringkasan asli ajaran
filsafat Ibnu Sina, dimana Ghazali menunjukkan 17
kesalahan logis, di
beberapa titik bahkan menuduh
Ibnu Sina bid'ah.
Al-Ghazali
ingin metodologi logika
sepenuhnya terpisah dari filsafat Yunani, menggunakan logika dan rasionalisme sebagai alat argumentatif untuk mempertahankan
nilai-nilai dan ajaran Islam. Logika tidak
menjadi bagian dari filsafat Islam, tetapi hanya alat untuk mengekstraksi pengetahuan tersembunyi yang berguna. Sebagai contoh ini, Al-Ghazali menulis
bahwa "ketika kebakaran dan
kapas ditempatkan dalam kontak, kapas
dibakar langsung oleh Tuhan bukan oleh api", dengan
argumentasi bahwa api itu mati, tidak menyebabkan kapas untuk membakar karena
alasan atau keinginan. Dalam Tahafut al-Falasifah, Ghazali membuat referensi
yang jelas untuk argumen kosmologis Yunani klasik
- "Sebab Pertama" atau
"Pertama Menjadi" - yang sangat
diperdebatkan oleh Aristoteles
dan Plato.
Kembali ke Yunani (Ibnu Rusyd)
Muhammad Ibn Rusyd (1126-1198 M) berkomentar
intensif pada karya-karya Aristoteles, pendekatan filosofis terhadap logika
adalah bahwa logika adalah alat penting untuk penemuan kebenaran, bersama wahyu
Ilahi dan hadits
Nabi SAW. Karena individu yang
berbeda memiliki berbagai tingkat pemahaman, Allah SWT berbicara
kepada manusia melalui tiga
jenis wacana: dialektika
(al-aqawil al-jadaliyya); retorika
(al-aqawil al-khitabiyya) dan silogisme
demonstratif (al-aqawil
al-burhanniyah). Ibn Rusyd juga menganjurkan
logika sebagai prasyarat
untuk interpretasi wahyu Islam dan hadits
Nabi SAW.
Melawan al-Tahafut
al-Falasifah al-Ghazali, Ibnu Rusyd menulis
Tahafut al-Tahafut, menunjukkan kesalahan al-Ghazali secara
harfiah. Menurutnya penerapan logika klasik menjadi konteks
sah secara hukum Islam. Karya
Ibnu Rushd yang lebih penting
mungkin Kitab al-Kashf -kritik filosofis pada sistem Asy'ariyah
dari Mantiq, mengusulkan keras (atau
lebih kostentative) penerapan logika Aristoteles dalam wacana Islam.
Mengakui Ibnu Sina (al-Razi, al-Tusi)
Filosof Muslim Nasir al-Tusi (1201-1274 M) membela Ibnu Sina dari kesalahan-kesalahan Aristotelian. Demikian juga, cendekiawan Muslim Fakhr
ad-Din al-Razi (1150-1210 M) mendukung
kritik Ibnu Sina
dari "angka pertama" Aristoteles, Ibn Sina
merumuskan sistem logika Islam induktif,
bayangan modern sistem
penalaran induktif dikembangkan oleh John Stuart
Mill (1806-1873 M). Menurut Wael B. Hallaq, ar-Razi juga
menerapkan logika induktif untuk Syariat
Islam dan Fiqh.
Bantahan Mantiq dalam Filsafat Islam (Ibn Taimiyyah)
Menurut cendekiawan dan filosof Muslim, Taqi al-Din Ibn Taimiyyah (1263-1328
M) logika telah merusak manusia dalam
usahanya untuk Tuhan ini rida (penerimaan), sehingga kesimpulan metafisis sering sesat
dicapai oleh para filosof Islam, teolog, mistikus,
dan lain-lain. Dalam rangka untuk membersihkan filsafat Islam
dari kesalahan ini, Ibnu Taimiyyah menyatakan
bahwa seseorang harus kembali ke
posisi yang diambil oleh para ulama
Muslim awal -seperti
imam Syafi'i-, meninggalkan
pikiran yang dibentuk atas dasar mendukung penalaran.
Dalam karya kritisnya pada logika, Jahd al-Qâriha
fi tajrid al-Naîiha, Ibnu Taimiyah menentang kepastian argumen
silogisme, ia lebih memilih doktrin
Islam analogi (qiyas),
bukan silogisme. Argumennya
adalah bahwa kesimpulan yang diambil tidak
sepenuhnya benar tapi hanya kemungkinan.
Dengan demikian, silogisme berdasarkan konsep tersebut
tidak lebih pasti daripada argumen berdasarkan
analogi. Ia bahkan mengklaim bahwa induksi ilmiah itu sendiri didirikan
pada proses analogi. Menurutnya kesalahan logis silogisme membuktikan ketidakmampuan
logika sebagai instrumen
penalaran yang benar. Kritik Ibnu Taymîya terhadap logika
klasik (Yunani) dan gagasan bahwa analogi
bisa lebih valid dari silogisme, telah mengambil jalan filosofis yang
sangat berbeda dalam filsafat Islam.
Kebangkitan Mantiq dalam Filsafat Islam Modern
Setelah 500 tahun wacana filosofis
Mantiq Islam akhirnya diterima sebagai bagian dari ilmu pengetahuan Islam di abad ke-12, dan Mantiq
diajarkan secara luas di Madrasah (sekolah Islam), khususnya kepada mahasiswa sekolah hukum Shafa'i dan Hanafi; menggabungkan Mantiq
sebagai bagian terpadu dari kurikulum Islam.
Namun, pada abad ke-14 kita melihat filosof Islam, seperti Ibnu Khaldun,
membela gagasan bahwa logika tidak dapat mendefinisikan kepercayaan agama seperti tauhid (keesaan
Tuhan), karakter Ilahi,
kebenaran nubuat dan akhirat (al-Qiyamah). Wacana pada logika dan penerapannya
dalam filsafat Islam tampaknya
semakin memudar.
Sesuai dengan tradisi Muslim Arab,
keunggulan Mantiq dipuji bahkan melalui puisi.
Pada awal abad ke-16, sarjana Muslim Abd
ar-Rahman al-Akhdari menulis puisi
terkenal As-Sullam al-Munawraq Fi Ilm al-Mantiq,
yang menjelaskan dasar-dasar logika Aristoteles untuk
mendukung keyakinan Islam (aqidah) dan hukum (fiqh)
dalam 144 ayat
yang ditulis indah.
Saat ini beberapa filosof Islam modern atau kontemporer
telah memilih untuk menganggap ilmu logika sebagai
penengah antara pengetahuan tradisional
Islam dan ilmu fisika modern, sedangkan menurut
Islam fundamentalis, sebagian besar
digunakan dalam kaitannya dengan hukum
dan jarang sebagai alat untuk refleksi filosofis.
B. Analisis
Logika
Islam terinspirasi terutama oleh korpus logis Aristoteles, Organon (yang
menurut taksonomi Yunani akhir juga termasuk Retorika dan Poetics). Untuk para
filosof Islam, logika mencakup tidak hanya
studi mengenai pola-pola formal dan validitas kesimpulan mereka tetapi juga
unsur-unsur filsafat bahasa dan bahkan epistemologi dan metafisika. Di bidang
analisis logis formal, mereka dielaborasi teori istilah, proposisi dan
silogisme sebagaimana yang dirumuskan
dalam Kategori Aristoteles. Dalam semangat Aristoteles, mereka menganggap
silogisme sebagai bentuk yang semua argumentasi rasional dapat dikurangi, dan
mereka menganggap teori silogisme sebagai titik fokus logika.
Ilmu Mantiq
Aristoteles dapat diterima dan berkembang di dunia pemikiran islam disebabkan
oleh beberapa faktor berikut. Pertama, Islam mengajarkan prinsip
persamaan drajat antara pemeluk islam bangsa Arab dan non-Arab, berbeda dengan
agama non-Islam yang kerap kali
memandang rendah masyarakat jajahannya. Kedua, Adanya prinsip kebebasan
berfikir bagi setiap individu muslim. Ketiga, Adanya sikap terbuka untuk
mempelajari ilmu pengetahuan peninggalan karya pemikir Yunani sebagai bagian
dari objek kajian ilmiah.
Al-Farabi
adalah tokoh Logika muslim pertama yang mengembangkan logika non-Aristoteles.
Dia mendiskusikan topik-topik seperti kontingensi masa depan, angka-angka,
hubungan antar klasifikasi, hubungan antara logika dengan tata bahasa, bentuk
definisi (inference) non-Aristoteles. Dia juga dianggap sebagai yang
mencetuskan pembagian Logika menjadi 2 bagian yang berbeda yaitu ide dan bukti.
Al-Ghazali
meyatakan bahwa teologi retoris sangat kering bila hanya berkutat pada logika
tanpa adanya rasa demonsratif. Ilmu Mantiq dalam pandagan Al-Ghzali terbagi
menjadi dua, pertama: Mantiq Aristoteles yang
mencakup segala ilmu pengetahuan kecuali teologis. Kedua: Mantiq Kasyfi
yang hanya mencakup masalah ketuhanan. Pandagan yang diusung oleh Al-Ghazali
bukan hanya secara harfiahnya (yaitu; pembicaraan), melainkan dalam pembicaraan
yang bernalar dan menggunakan logika.
Dalam dunia Islam
pun mencoba memberi visi etis dan metodelogis dari ilmu-ilmu pengetahuan sesuai
dengan pesan sentralnya yang termaktub dalam kitab suci Al-qur’an. Dan posisi
logika - sebagai yang diakui oleh kalangan ummat islam, telah dirumuskan oleh
pemikir-pemikir di dalam ilmu-ilmu Islam.
Pandangan
Al-Ghazali tentang ilmu logika menjadi titik tengah di antara pandangan
Ulama’-ulama’ yang lain dan juga menjadi solusi dalam menentukan kebenaran
pendapat yang sesuai degan penalaran logika yang rasionalis dan demokratis.
Maka ciri khas Ilmu Kalam adalah rasionalitas atau Logika.
Akhirnya, menjelang
zaman kemunduran Islam, timbullah kritikan-kritikan pedas yang diarahkan kepada
orang yang menjadikan logika sebagai penyebab lahirnya faham-faham Zindiq dan
Atheis karena terlalu memuja-muja akal di dalam menentukan sebuah kebenaran.
Lalu muncullah beberapa fatwa yang mengharamkan belajar ilmu logika, seperti
fatwa dari Ibnu Shalah, An-Nawawi, Ibnu Taimiyah, dsb.
Dan pada akhirnya
pengaruh fatwa tersebut sangat kuat sekali dikalangan masyarakat sehingga
kegiatan dan perkembangan berfikir didunia Islam mengalami keterbelakangan dan
kebekuan (jumud). Sehingga dunia barat menyambutnya dengan keriangan dan
rasa gembira, dan pada akhirnya lahirlah zaman kebangunan (renaissance) di
eropa. Menjelang penghujung abad ke-19, bangkitlah gerakan pembaharuan
(reformer) dunia Islam yang diprakarsai oleh Jamaluddin al-Afghani dan Mohammad
Abduh serta Rasyid Ridla. Sejalan dengan perhatian penuh yang muncul di Negara Mesir, dan Negara tajdid
ini menyebar ke seluruh dunia Islam termasuk ke Indonesia.
Dengan warna-warni
perjalanan sejarah perkembangan ilmu logika di dalam dunia Islam, pada akhirnya
ilmu logika tersebut bisa berkembang dengan pesat khususnya di dalam dunia
Islam.
III.
PENUTUP
Logika merupkan
ilmu hasil ijtihad atau kreasi manusia yang tentu saja dimaksudkan sebagai alat
untuk berinteraksi dan berkomonikasi dengan orang lain, secara lebih efektif
dan produktif. Dan yang perlu kita ingat bahwa keberadaan ilmu logika dalam
kehidupan manusia harus tetap dalam koridor dan perspektif Islam.
Terlihat filosof Muslim sangat bergantung pada
penggunaan logika Yunani klasik untuk kedua dukungan dan membantah ide-ide dan
argumen mereka. Beberapa telah memeluk metodologi logika klasik dalam bentuk
paling murni (Ibnu Rusyd), yang lain telah mencoba untuk beradaptasi manfaat
logika dalam filsafat Islam (al-Ghazali), sementara yang lain telah menolak
gagasan logika sah bagian dari konsep Islam (Ibn Taimiyah).
Namun, dari wacana agama dan intelektual yang
panjang, yaitu sekitar 1400 tahun
dalam logika Aristotelian,
metodologi khas penalaran
Islam telah muncul (Mantiq), yang sekarang dianggap kurikulum di sekolah-sekolah Islam, dan disajikan ke dunia luar sebagai sesuatu yang khas Islam. Wallaahu A’lam Bis-shawab.
*****
Tidak ada komentar:
Posting Komentar