BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sejak
dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga
menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam
penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari
penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Dewasa
ini telah banyak kemajuan teknologi untuk mendukung perkembangan teknologi
komputer. Diantaranya telah ditemukannya kemampuan pemrosesan parallel dimana
direncanakan untuk menggantikan model non Neumann! Dimana sistem pemrosesan
parallel itu akan mampu bekerja mengkoordinasikan banyak CPU untuk secara
serempak. Selain itu juga telah ditemukan teknologi superkonduktor, sehingga
dapat menghantarkan informasi lebih cepat dibandingkan dengan teknologi yang
digunakan sebelumnya. Apapun yang terjadi, yang jelas secanggih apapun kemampun
sebuah komputer tidak akan bisa mengalahkan kemampuan yang membuatnya, yaitu
pikiran manusia.
1.2
Rumusan Masalah
Melihat ulasan latar belakang
penulisan makalah ini, maka dapat dirumuskan beberapa masalah antara lain
sebagai berikut:
1.
Apa itu komputer berikut jenis, cara kerja,
penggunaan dan bagian-bagiannya!
2.
Bagaimana pemanfaatan komputer di bidang pendidikan?
1.3
Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka penulisan makalah
ini bertujuan untuk:
1.
Mengetahui apa
itu komputer berikut jenis, cara kerja, penggunaan dan bagian-bagiannya.
2.
Dapat memanfaatkan komputer di bidang pendidikan
sebagaimana mestinya.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Tentang Komputer
A.
Pengertian Komputer
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang
yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam
arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai
dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang
kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau
"sistem pengolah informasi." Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
Kata
computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang
melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart
Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa
Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung"
kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis".
Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya
menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain
salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu,
berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat
dikatakan sebagai komputer.
B.
Jenis Komputer
Sekalipun
demikian, definisi di atas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa
memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer
modern, sifat mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat
menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang benar,
semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun barangkali dibatasi oleh
kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda), dan, memang dipercaya bahwa
mesin sekarang bisa meniru alat perkomputeran yang akan kita ciptakan di masa
depan (meskipun niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan
ini adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum"
dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud
umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat
meniru Mesin Turing
universal. Mesin yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang
pertama mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di
seluruh dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran
untuk lebih banyak detail periode ini.
1. Computer
Benam
Pada
sekitar 20 tahun , banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi
juga mencakup telepon
genggam, perekam kaset
video, PDA dan banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif,
dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer
yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan bahwa program dari
alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu
diganti untuk mengubah program mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara
umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer
benam" (embedded computer). Oleh karena itu, banyak yang
membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan
informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar seperti
telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa
diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka
utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama
komputer yang mendapat definisi ini.
2. Komputer
pribadi
Komputer
pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer
yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak
akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang
memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih
spesifik dan tepat.
C.
Cara Kerja Komputer
Saat
teknologi yang dipakai pada komputer digital sudah berganti
secara dramatis sejak komputer pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah
perangkat keras menghitung untuk lebih banyak detail), komputer
kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann,
yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von
Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis
(ALU), unit kontrol,
memori,
dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini
dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
1.
Memori
Di
sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori
(seperti "sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing
berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk
mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu,
dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara
umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan
sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada
buku tulis dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran
masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke
komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat -
dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke
setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu
chip silikon.
2.
Pemprosesan
Unit
Pengolah Pusat atau CPU
berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan
laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga
akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan
arahan-arahan berkaitan.
Contoh
sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA)
ditampilkan terbalik dengan menunjukkan kaki-kakinya.
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika,
atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan dasar
seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya),
pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan
(misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit
inilah dilakukan "kerja" yang nyata.
Unit kontrol
menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU
untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan
untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori
yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya
(biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah
perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
3.
Input dan hasil
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil
kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih
tidak biasa seperti webcam
(kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah)
informasi dari suatu macam ke dalam data
yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini,
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
4.
Instruksi
Perintah
yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer
hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan
baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi
sel 123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke
sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah
0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi
diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin
menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh
komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer.
Dalam praktiknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara
langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti assembler (bahasa tingkat
rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog didasarkan pada
prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa
tingkat tinggi)
5.
Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU
dan unit kontrol
ke dalam satu sirkuit
terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit
atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit
terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam
komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik)
atau alat I/O.
Beberapa
komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka
mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian
dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas,
tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi
dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai
perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan
perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
6.
Program
Program
komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh komputer,
barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan
perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer
pribadi modern yang umum (pada tahun 2003)
bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak
mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah
kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh
orang pandai, "programmer." "Programmer Baik memperkembangkan
set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di
layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer
lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa
program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada
kenyataannya, CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah
beberapa saat, CPU beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya.
Jarak waktu yang kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice).
Ini menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan
dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah
rangkaian kilat saja masih membingkaikan.
7.
Sistem operasi
Sistem operasi ialah
semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer
dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah
bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem
operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana
(seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan
servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan
programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail
dari semua alat elektronik yang terhubung.
D.
Penggunaan Komputer
Komputer
digital pertama, memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk
pembuatannya. Komputer di masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan
perhitungan ilmiah. ENIAC,
komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik
untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk
melihat jika bom hidrogen akan bekerja
dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai
Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch,
memperlihatkan bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama
Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu
proyek pembangkitan Hidroelektrik besar.
Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis,
misalnya komputer elektronik digital
yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia II. Akan
tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan
main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang
di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan
banyak koleksi data
dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya,
memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan,
ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri.
Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang
lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak
komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer
kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu
lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan
penemuan mikroprosesor
di 1970-an, menjadi mungkin
menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas,
termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan
dan lain berulang matematika dengan spreadsheet,
berhubungan dengan e-pos
dan, Internet. Namun,
ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai
untuk banyak maksud lain.
Sekaligus,
komputer kecil, biasanya dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara
mereka ke dalam alat lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan
perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam
menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan
kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil).
Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk
angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping
komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
E.
Bagian-Bagian Komputer
Komputer
terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software)
dan perangkat keras (hardware).
1.
Perangkat keras
·
Memori
RAM, tempat menyimpan data sementara
·
Perangkat masukan, media yang digunakan
untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard,
dan tablet
·
Perangkat keluaran, media yang digunakan
untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
2.
Perangkat lunak
Program dasar
pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.
Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows,
dan Mac OS. Tugas sistem
operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program
di atasnya, koordinasi input,
output,
pemrosesan, memori, serta instalasi software.
Merupakan
aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
3.
Slot pada komputer
USB,
slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya
perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
2.2
Pamanfaatan Komputer di Bidang Pendidikan
Tak bisa dipungkiri, dunia pendidikan
sekarang sangat membutuhkan komputer, baik komputer desktop maupun jinjing
(laptop). Bila dicermati, ada beberapa manfaat komputer di bidang pendidikan. Berikut
diantaranya:
A.
Komputer sebagai Sarana Utama untuk Mengetik
Sebagai pelajar, mahasiswa,
guru, dosen, dan sebagainya yang berkecimpung di dunia pendidikan pasti
membutuhkan komputer (desktop/laptop) guna mengetik naskah. Baik itu naskah
seperti makalah, karya tulis ilmiah, skripsi, dan sebagainya juga untuk
mencatat setiap materi yang diberikan pengajar.
Saya rasa kita perlu gebrakan baru di
bidang belajar-mengajar. Yakni pelajar/mahasiswa tidak lagi menulis materi di
buku catatan, tapi mengetik langsung di komputer
(laptop). Bagaimana dengan yang tidak punya laptop? Itu dia masalahnya. Maka
tunda dulu sampai pemerintah mau memberikan laptop secara gratis kepada semua
pelajar/mahasiswa. Ingat, ini baru manfaat komputer di bidang pendidikan yang
pertama.
B.
Komputer sebagai Teman Baru Dosen atau Guru
Dalam menjelaskan materi, manfaat komputer
di bidang pendidikan kembali berperan. Kali ini sebagai temannya dosen/guru.
Nah, di beberapa perguruan tinggi dan sekolah
menengah atas (SMA), dosen dan guru mengajarkan mahasiswa dan muridnya dengan
memanfaatkan komputer. Dibantu infocus (proyektor), maka pengajar cukup
menjelaskan materinya lewat layar tancap atau slide yang dipantulkan ke dinding
ruang belajar, misalnya.
Begitu pula sebaliknya, pelajar dan mahasiswa mempresentasikan/
membahas makalahnya dengan menggunakan bantuan proyektor. Sistem
belajar-mengajar seperti ini disebut dengan sistem Informations and
Communications Technology (ICT).
Dengan cara ini, selain bisa dikatakan sebagai
salah satu manfaat komputer di bidang pendidikan, juga sebagai sarana
meningkatkan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi
bagi pelajar dan mahasiswa bahkan pengajar itu sendiri. Dan kedengarannya, ini
manfaat komputer di bidang pendidikan yang harus selalu diterapkan.
C.
Komputer sebagai Penunjang
Belajar-Mengajar di Internet
Ada sebagian pengajar yang memanfaatkan
komputer di bidang pendidikan untuk belajar jarak jauh dengan anak asuhnya.
Misal, ketika dosen
tiga kali beruntun tidak masuk untuk mengajar, maka ia menggantikannya dengan
belajar di luar kampus dengan perantaraan internet. Belajar seperti ini disebut
Internet Classroom Assistant (ICA). Caranya, dosen memberikan instruksi kepada
mahasiswanya cara menggunakan ICA ini.
Ketika sudah paham, mereka menentukan
jadwal belajar. Misal, setiap Senin antara jam 10-11 pagi, mahasiswa dengan
dosen yang bersangkutan sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Mereka bisa
saja memanfaatkan warnet, flash modem, atau hp untuk
online. Nah, dalam jangka satu jam itu, mahasiswa dan dosen saling berdiskusi
setelah dosen memberikan materi yang akan dibahas sebelumnya. Maka mereka bisa
belajar sambil ngopi, golek-golek di kasur, jalan-jalan, dan sebagainya.
D.
Komputer sebagai Sarana Paling Utama dalam
Dunia Tulis-Menulis
Kegiatan tulis-menulis merupakan bagian
dari pendidikan, baik ilmu jurnalistik, sastra, dan lain-lain. Maka seorang
penulis tak bisa terlepas dari komputer. Apalagi jika sudah jadi pekerja media
massa atau penulis tetap di suatu lembaga, maka komputer sangat dibutuhkan.
Kalangan pelajar dan mahasiswa pun butuh juga komputer untuk meningkatkan
kreativitas mereka di dunia tulis-menulis. Mereka bisa mengetik naskah tulisan
fiksi maupun nonfiksi. Karenanya, ini termasuk juga manfaat komputer di bidang
pendidikan.
Manfaat
komputer di bidang pendidikan pada dasarnya bukan hanya
empat hal di atas, tapi ada banyak manfaat lainnya. Namun, bila diurutkan
berdasrkan manfaat komputer di bidang pendidikan yang paling utama adalah ke
empat hal di atas. Maka manfaatkan komputer di bidang pendidikan dengan sebaik
mungkin.
BAB III
BAB III
PENUTUP
2.1
Kesimpulan
Perangkat elektronik yang dapat
dipakai untuk mengolah data
dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu
memberikan informasi
dari hasil pengolahan tersebut. Dalam bahasa indonesia sering ditulis dengan
komputer.
Istilah Computer
berasal dari kata Compute,
yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer
merupakan proses matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer,
baik penampakan pada layar monitor,
suara, gambar, dll. diolah
sedemikian rupa dari perhitungan secara elektronik.
Komputer adalah hasil
dari kemajuan teknologi elektronika
dan informatika
yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar
atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi
dan untuk kontrol peralatan.
Bentuk komputer yang
dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program, sekarang berbentuk kecil
dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam. Perlengkapan elektronik
(hardware) dan program (perangkat lunak/software) telah menjadikan sebuah
komputer menjadi benda yang berguna.
Sebuah komputer yang
hanya memiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan
berfungsi. Dengan ada keduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang
berguna.
Sistem komputer
juga dapat dikembangkan untuk mengontrol peralatan mesin produksi ataupun
peralatan rumah tangga. Dengan menambah rangkaian elektronik buatannya, maka
komputer biasa bisa dipergunakan untuk mengendalikan peralatan-peralatan
industri dan rumah tangga. Adanya kecenderungan pemanfaatan komputer untuk
kontrol seperti ini dengan dukungan teknologi chip IC telah memungkinkan orang
membuat robot kecil yang berguna seperti robot kendaraan yang
dipergunakan dalam misi ruang angkasa.
Daftar
Pustaka
www.wikipedia-indonesia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar